I KNOW YOU SO WELL, YOU KNOW ME SO WELL (Sebuah awal menjalani bahtera rumah tangga bersama PHT SIM 2011)


Setelah sekian lama saya sempat tenggelam, tak terlihat dan menghilang dari kegiatan SIM, akhirnya “dengan kekuatan bulan akan menghukummu”, hehe, itu kan Sailor Moon. Bukan begitu sih maksudnya.  Akhirnya sore ini bisa ikut rapat PHT SIM yang sempat putus nyambung, alias jadi nggak jadi. Saya melewatkan 2 agenda SIM. Hari ahad kemarin tanggal 6 Februari 2011 saya tidak bisa hadir dalam kegiatan bersih-bersih sekre. Saya sudah ijin ke Akh Tatang, eh, Pak Tatang karena saya akan menghadiri walimahan adik tingkat saya, dimana kami dulu sama-sama beramanah di PHT FUSI. Tapi Allah berkehendak lain. Hari sabtu, 5 Februari saya masih di kost. Siangnya mendapat kabar dari ayah bahwa Pakde saya yang di Blitar telah berpulang ke Rahmatullah, akhirnya sabtu sore saya pulang ke rumah dan malamnya sekeluarga terbang ke Blitar dan Ahad-nya pakde saya baru dimakamkan. Hari Senin, 7 Februari  pagi saya kembali ke Solo. Harusnya sore ada agenda rapat panitia Up Grading. Lagi-lagi Allah punya rencana yang lain. Sore itu saya berangkat takziyah ke Ngawi karena bude dari teman baik saya juga telah menghadap Allah. Dari kecil teman saya ini memang dirawat oleh budenya jadi sudah dianggap seperti ibunya sendiri. Akhirnya saya juga tidak dapat mengahdiri rapat panitia Up Grading. Berangkat takziyah ba’da ashar, nyampe solo lagi jam sebelas malam.

Kembali lagi ke Sailormoon. Menurut teman-teman apa arti dari Sailormoon? Sailor= pelaut, moon= bulan. Jadi sailormoon itu artinya pelaut bulan, pelaut yang ada di bulan, atau malah bulan untuk melaut? Yang jelas waktu kecil saya suka nonton Sailormoon, yaitu si Usagi Sukino alias kepala onde-onde  (Ini berarti Sailormoon adalah keturunan Jawa, karena nama belakangnya adalah Sukino, hehe).  Menumpas kejahatan bersama si kucing yang bernama Luna dan dibantu oleh Tuxedo Bertopeng yang tak lain dan tak bukan adalah Mamoru dimana setiap munculnya Tuxedo ini selalu diawali dengan tertancapnya setangkai mawar merah di tanah kemudian terlihat dia nangkring di atas pohon, jubah hitamnya berkibar-kibar diterpa angin dan bunga mawar merah berguguran mengiringinya. Jeng, jeng, jeng.

Jadi intinya sore ini saya berangkat rapat PHT SIM. Maaf jika gak nyambung dengan paragraf atasnya. Kesalahan bukan pada layar komputer anda. Agenda rapat sore ini adalah “ramah tamah” antar PHT. Enggak ding. Pokoknya menyampaikan tentang kepribadian masing-masing agar antar PHT saling mengenal lebih dekat. Tujuannya adalah agar bisa seperti FUSI FP UNS, yang dulu di periode 2009/2010 memiliki jargon “Lebih dekat, bersahabat dan bermanfaat”.  Hehe, numpang promosi FUSI. Menurut saya sih, oke juga ide dari pak Tatang. Agar kita bisa lebih ma’rifah. Kan wagu juga kalau sesama PHT gak saling mengenal dengan baik. 

Berikut ini adalah contoh jika kita tidak saling mengenal. Percakapan ini diperagakan oleh model. Sebut saja Dahlia dan Mawar.

Dahlia = “Mawar, kamu amanahnya di SIM ya?”

Mawar = “ Iya, kenapa Dahlia?.”

Dahlia = “Di PHT bukan?”.

Mawar = “Yupz”.

Dahlia  = “Titip salam, ya, buat Trihariyana.”

Mawar = “Emang ada to, anak SIM yang namanya Trihariyana?”. Aku malah gak tau ni. Kenalin dong.”

Dahlia = ??????

Hiyaaaa, yang anak SIM yang mana coba. Tapi itu adalah contoh yang parah dan sepertinya tidak mungkin terjadi pada anak muda di era informatika seperti ini. Kita coba dengan contoh yang agak realistis. Masih diperagakan oleh model.

Bunga = “Mbang, kamu anak SIM kan?”.

Kumbang = “ Iya dong, Kumbang gitu loh.”

Bunga= “ Berarti kenal Angga dong, anak FSSR itu.”

Kumbang= “ He’em. Kenal kok. Ada apa Bung?.”

Bunga= “Dia jurusan apa sih, Mbang?.”

Kumbang= “Waduh, gak tau ni, Bung.”

Bunga = “oh, kalau gitu dia asli mana?.”

Kumbang = “Meneketehe”

Bunga= “ Kalau kost-nya?.”

Kumbang = “ Gak tau juga, he.”

Bunga = “Ada nomor HP-nya?.”

Kumbang = “ Pas , deh.”

 

Nah, lho. Gimana coba. Jangan sampai kayak gitu deh. Saya teringat kakak tingkat saya. Namanya Agus Nur Hidayah (Agronomi 2005). Dulu beliau adalah Ketum HIMAGRON  (Himpunan Mahasiswa Agronomi) 2008/2009 yang sekarang bekerja di PT. Astra Agro Lestari, perusahaan kelapa sawit.  Sebagai ketua umum beliau adalah orang yang sangat mengenal semua pengurusnya. Bahkan termasuk hal-hal kecil misalnya hobi, kebiasaan, kesukaan dan ketidaksukaan masing-masing personal. Beliau bisa memahami berbagai karakter sebanyak 54 pengurus dan beliau lampirkan pesan, kesan untuk masing-masing personal di laporan pertanggungjawaban. Gimana para pengurusnya gak terharu tuh kalau ketuanya perhatian?

Bagi saya SIM adalah keluarga baru dimana saya benar-benar harus menempuh hidup baru didalamnya. Bertemu dengan orang-orang yang luar biasa, yang saya tidak pernah menyangka sebelumnya. Mencoba untuk mengenal dan menerawang karakter dari teman-teman PHT.  Jujur  gak mudah. Tapi saya akan belajar.

Memang saya sebenarnya orang yang cocokan, dan agak sensitif. Kalau yang cocokan ini beneran loh. Tiga kali gagal  membina  sebuah bidang gara-gara gak cocok dengan kabidnya (Posisi saya waktu itu sebagai Korwat), parah banget, kasian sama kabidnya. Sehingga terjadilah ketidakharmonisan dan keretakan dalam rumah tangga. Tapi beda urusannya kalau sudah cocok dan klop. Karena saya adalah anak geol, hehe. Tanyalah kepada Angga yang mulai tau siapa saya sebenarnya. Hohoho. Berubah. Ciaaaaaatttttt.

Hmmm, ingatkan saya via sms. Mungkin beda ya, dengan teman-teman yang lain yang kebanyakan suka ditegur langsung. Karena saya orangnya sensitif jadinya ketika ditegur secara langsung akan menyebabkan emosi muncul, mata berkunang-kunang, bibir pecah-pecah, tapi masih doyan makan dan minum. Jangan malu untuk sms saya. Tenang saja, karena sms yang kalian dapet langsung dari HP aku loh, hihihi. Peace (^_^)v

 

Walaupun satu keluarga kami tak saling mengenal

Himpunlah daun-daun yang berhamburan ini

Hidupkanlah lagi ajaran saling mencintai

Ajari kami berkhidmat seperti dulu

(Sir Muhammad Iqbal)

 

 Beberapa hari ini saya sedikit kehilangan semangat untuk berorganisasi. Namun, akhirnya sore ini saya kembali menemukan semangat itu (backsound: lagunya Naff “Akhirnya ku menemukanmu).  Keduabelasan PHT SIM hari ini beda. Formasi tanpa Hasih. Biasanya tegang dengan segala keseriusan, akhirnya tadi bisa bercanda, tertawa bersama. Menurut saya hal itu sangat perlu. Ada saatnya kita butuh refresh, yang penting tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, hehe.

Jangan ada dusta diantara kita. Karena, I know you so well and you know me so well. Semangat untuk teman-teman PHT. Marilah kita bersama-sama membina rumah tangga SIM menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah dan happy ending full barokah.  Menelurkan dan menetaskan generasi muda Indonesia yang berkarakter, cerdas, yang terpadu dan berkelanjutan, sehat, semangat, bermanfaat bagi masyarakat dan sahabat, hemat, cermat, cepat, tepat, tajam dan terpercaya.

Dengan ini saya kirim-kirim salam buat teman-teman PHT SIM 2011: pak Tatang Kukuh Wibawa, Trihariyana Risdiyanto, Pandu Wijaya, Fairuz Fajrianti Nur, Rhestu Isworo, Hasih Sri Lamdari, Vianna Ningsih, Erni Ratnawati, Angga Cahyaning Utami, Rizkina Fitriyani, Heru Edi Kurniawan, Yuli Ardika Prihatama.

 

NB: Mohon maaf apabila ada kesamaan nama, tokoh, tempat dan kejadian. Karangan ini hanyalah karangan saya belaka. Apabila ada kekurangan mohon ditambahi dan apabila ada kelebihan mohon dikembalikan.

 

Suatu saat dalam sejarah persahabatan kita, kita hanya mengisi waktu dengan cerita, mengenang dan hanya itu yang kita punya (Anis Matta).

 

Solo, 9 Februari 2011, 23:40 WIB

Wisma QQ Tungga Dewi, Kamar No. 19, Lantai 2

“Spasiba balshoi teman-teman. Betapa bangganya bisa bersama orang-orang seperti kalian” (Mega Dewana Putri).

 

Kesanmu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: