Manhaj At Tasabbut Wa Tabayyun Fil Islam (Bagian 1)


Pedoman, cek dan ricek informasi menurut Islam. Salah satu sifat yang harus dimiliki adalah “Berhusnudzon pada Sesama Muslim”. Seperti peristiwa Haditsul Ifki (Berita Palsu) yang dialami istri Rasulullah SAW, Aisyah RA.

Berita bohong ini mengenai istri Rasulullah SAW, ‘Aisyah r.a. Ummul Mu’minin, setelah perang dengan Bani Mustaliq pada bulan Sya’ban 5 H. Peperangan itu diikuti kaum munafik dan turut pula ‘Aisyah r.a dengan Nabi SAW berdasarkan undian yang diadakan di antara isteri-isteri beliau. Dalam perjalanan kembali dari peperangan, mereka berhenti di suatu tempat. ‘Aisyah r.a keluar dari sekedupnya (tandu yang diberi hijab) untuk suatu keperluan kemudian kembali. Tiba-tiba dia merasa kalungnya hilang, lalu dia pergi lagi mencarinya. Sementara itu, rombongan berangkat dengan persangkaan bahwa ‘Aisyah r.a masih ada dalam sekedup. Setelah ‘Aisyah r.a mengetahui sekedupnya sudah berangkat, dia duduk di tempatnya dan mengharapkan sekedup itu akan kembali menjemputnya. Kebetulan lewat di tempat itu seorang sahabat Nabi, Safwan bin Mu’attal. Ia menemukan seseorang sedang tidur sendirian. Safwan pun terkejut seraya berucap, “Innalillahi wa inna illaihi raji’un, istri Rasul!” ‘Aisyah terbangun. Lalu ia dipersilakan oleh Safwan mengendarai untanya. Safwan berjalan menuntun unta sampai mereka tiba di Madinan. Orang-orang yang melihat mereka membicarakannya menurut pendapat masing-masing. Mulailah timbul desas-desus. Kemudian kaum munafik membesar-besarkannya, maka fitnah atas ‘Aisyah r.a itu pun bertambah luas, sehingga menumbulkan keguncangan di kalangan kaum muslim.

Hikmah dari peristiwa Haditsul Ifki ini adalah:

  • Pelaku haditsul ifki akan mendapat balasan dari Allah SWT, QS An Nur: 11
  • Kewajiban menjauhi suudzon dan memasyarakatkan husnudzon pada saudara kita, QS An Nur:12, Wajib berprasangka baik dan mencegah isu
  • Penyebar isu itu harus segera bertaubat agar diterima taubatnya, QS An Nur : 14

Sumber

Al Qur’an, Penerbit Darus Sunnah, Jakarta

Kesanmu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: