ROTI KONDE…


Adakah teman-teman yang tau darimanakah asal roti konde? Dan bagaimana asal muasalnya bisa dinamakan roti konde? Apakah karena konde yang dikutuk menjadi roti? Lalu konde siapakah itu?

Belum ada satu tahun saya mengenal makanan yang satu ini. Baru sekitar bulan april lalu. Nemuin si konde, eh, roti konde ini saat acara milad HIMAGRON FP UNS ke 22. Nah, acara yang bertajuk HIMAGRON IN VITRO ini kami selaku panitia memfasilitasi UKK HM di FP untuk membuka stan dalam rangka memeriahkan acara ini. Eh, kalau gak salah stan Bursa Mahasiswa atau Kamagrista (yang jelas isinya anak-anak agribis) jualan roti yang satu ini. Rasanya enak juga. Hemmmm.

Trus beberapa saat kemudian menemukan si konde ini di boulevard UNS saat Sunday Market. Ternyata roti konde ini ada dalam berbagai pilihan rasa. Ada cokelat, kacang, keju, strawberry, blueberry, blackberry dan berry-berry yang lainnya, hiyaaaaa.

Entah terbuat dari apa ni ya roti yang satu ini. biasanya udah bentuk jadi, tinggal dipanggang pakai  mentega. Diangkat. Dipress dan dibuang minyaknya dengan menggunakan serbet. Terakhir tinggal tambahkan rasa yang kita inginkan.

Kalau dulu sih Cuma nemuin penjual roti konde di boulevard depan. Tapi sekarang di gerbang belakang dan di jalan surya 1 juga sudah ada. Pastinya penjual-nya selain jualan roti konde juga jualan terang bulan mini.

Saya sangat menyukai roti konde. Gak cukup Cuma makan 1. Minimal makan 2 dan maksimal makan 3. Hohoho. Rasa favorit saya adalah cokelat kacang, hmmm, nyami.. nyami… nyami…

ROTI KONDE

Seperti sore ini setelah syuro Biro AAI FP, shalat ashar, trus ngajakin si Novy Marsael buat ngeceng ke jalan surya 1. Mencari si roti konde. Akhirnya membeli 2 roti konde dan 2 terangbulan mini rasa cokelat kacang. ternyata perut saya hanya muat untuk 1 roti konde dan 1 terang bulan mini. Si konde yang satu buat dhek Nunung Ambarwati (teman sekamar), dan terangbulan mini yang satunya buat Isusilo Ningtyas (mantan adik kost dulu yang maen ke kost buat pinjem buku DDU).

ROTI KONDE en TERANG BULAN MINI

So, buat teman-teman yang belum pernah makan roti konde, cobain deh. Roti konde, gak bakal bikin kamu kayak konde, hihihi.

sekedar inpo untuk roti konde harganya 2000 rupiah per konde-nya dan terang bulan mini 1000 rupiah.

Solo, 4 Oktober 2011

Rumah Mawaddah menjelang Maghrib

10 Tanggapan

  1. bulek selalu ada2 saja🙂

  2. Pokoknyaa.. tu roti bungkus n kirim ke bogor yah.. ngiler nih

  3. roti apaan thu??
    enak gk??

  4. yang berminat sama roti konde mini-online jualanku,
    bisa hubungi via YM di smart.idea@ymail.com,langsung dikirim ke rumah anda🙂

    letakkan di wajan tanpa minyak/mentega,dengan api kecil, bolak balik sebentar,setelah kecoklatan,angkat! siap dinikmati🙂
    bisa ditambah topping sesuai keinginan kamu🙂

    o iya, harga cuma 1400/ piece, isi 1 plastik 10 piece

    mega dewana, maaf ya jadi promosi! hehehe, aq juga di solo🙂

  5. Roti konde merupakan hasil modifikasi dari roti cane atau roti maryam. Meskipun bentuknya sama, namun rasa roti konde ini lebih gurih jika dibandingkan dengan roti cane. Bentuknya yang bulat tipis dan berulir membuat penganan ini dinamai ‘Roti Konde’.Visit : http://www.kanungbakery.com

Kesanmu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: