BAHAGIA ITU BERSYUKUR


Beberapa bulan yang lalu ada salah seorang adik yang bertanya pada saya via sms, “Mbak, menurut mbak apa sih kebahagiaan itu?.”

Saya sempat bingung juga. Tentunya tiap orang memiliki pendapat sendiri mengenai arti kebahagiaan. Tak ada jawaban salah atau betul-betul benar.

Saya sudah agak lupa dengan jawaban saya pada waktu itu. Tapi kurang lebih begini “Kebahagiaan versi Mbak Mega adalah dimana ketika kita bisa bersyukur atas apa yang kita miliki, apa yang ada pada diri kita dan apa yang ada di sekitar kita. Karena hakikat kebahagiaan ada pada kesyukuran.”

Menurut saya memang seperti itu. Bisa jadi orang yang kaya, dapat membeli apa-apa sesuka hati, belum tentu hatinya merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Sedangkan ada saudara kita yang mempunyai kondisi fisik kurang bisa jadi lebih berbahagia.

Saya juga ada seorang teman perempuan yang pernah mengalami kecelakaan, yaitu tertindih tumpukan kaca-kaca besar. Alhamdulillah kakinya tidak kenapa-kenapa, namun sampai sekarang di kulit kakinya terdapat bekas luka cukup lebar dan tidak bisa hilang. Selain itu dia juga memiliki alergi. Sehingga tangan sampai lengannya dan juga pada lehernya sering panas dan gatal-gatal, yang membuat dia harus sering memakai jaket.

Suatu saat teman saya itu berkata, “Gusti Allah itu memang sayang sama saya. Alhamdulillah kaki saya ada bekas luka, sehingga saya tidak mungkin memakai celana pendek (hotpen) atau rok mini. Alhamdulillah saya memiliki alergi pada tangan, lengan dan leher sehingga tidak mungkin saya memakai tank top. Kalau kondisi saya tidak seperti ini, pasti saya sudah menjadi orang lain. Alhamdulillah……”

Allah selalu punya cara untuk menyayangi hambanya. Banyak-banyaklah bersyukur. Sebagaimana firman Allah:

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya  Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” QS Ibrahim:7

Spirit dan Muhasabah

Jangan menanti kebahagiaan dulu, kemudian baru bersyukur, tetapi selalu bersyukurlah terlebih dahulu atas apa yang kita miliki, atas semua yang ada di sekitar kita. Insyaallah akan selalu ada kebahagiaan yang mengiringi karena hakikat kebahagiaan ada pada kesyukuran (Mega, 2012).

Sudahkah kita bersyukur hari ini?

Ngawi, 10 Januari 2012

10:19 WIB

Sumber gambar :

http://adr25.blogspot.com/2010/11/alhamdulillah.html

2 Tanggapan

  1. Alhamdulillah,,,
    semoga senantiasa bersyukur,,,:-)

Kesanmu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: