Identitas KHadijah ra.


Dia adalah Ummul Mukminin dan wanita paling agung se-jagat raya pada masanya. Dia adalah Ummu Al-Qasim binti Khuwailid bin Asad bin Abdul ‘Uzza bin Qushai bin Kilab. Keturunan suku Quraisy dari keluarga bani Asad. Dia adalah ibu kandung dari putra putrid rasulullah saw. orang pertama yang beriman kepada beliau dan percaya kepada risalahnya.

Keutamaan-keutamaan Khadijah ra. sangat banyak. Ia memiliki pikiran yang matang, terhormat, taat beragama, pandai menjaga kehormatan, dan dermawan. Nabi saw.sering memujinya dan menganggapnya lebih utama dari seluruh istri-istrinya. Beliau tampak sangat menyanjungnya, sehingga tidak jarang membuat ‘Aisyah cemburu kepadanya. ‘Aisyah mengakui hal itu seraya berkata, “Aku tidak pernah cemburu kepada seorang wanita seperti kecemburuanku kepada Khadijah, karena Rasulullah saw.sangat sering menyebut-nyebutnya…” (Muttafaq ‘alaih).

Di antara keutamaan Khadijah ra. adalah ia menjadi istri pertama Rasulullah saw., dan member keturunan kepada beliau. Nabi saw.tidak menikah dengan wanita lain selama Khadijah ra.masih hidup dan tidak pula memiliki budak wanita hingga Khadijah ra. meninggal dunia. Beliau sangat terpukul dengan kepergian Khadijah dari sisinya, karena ia pendamping yang sangat baik. Khadijah rela mengorbankan hartanya untuk membiayai kehidupan beliau, sementara beliau sendiri mengendalikan perniagaannya.

Az-Zubair bin Bakkar berkata, “Pada masa Jahiliyah, Khadijah dijuluki Ath-Thahirah (wanita suci). Ibunya bernama Fatimah binti Za’idah Al-‘Amiriyah. Khadijah lahir di Ummul Qura (Makkah), sekitar 15 tahun sebelum tahun Gajah.

Khadijah pernah beberapa kali menikah. Suami pertamanya adalah Abu Halah bin Zurarah At-Tamimi. Setelah meninggal, ia menikah lagi dengan ‘Atiq bin ‘Abid bin Abdullah bin Umar bin Makhzum. Kemudian menikah dengan Nabi saw., yang kala itu berusia 25 tahun, sedangkan usia Khadijah lebih tua 15 tahun darinya.

 

Sumber:

35 Sirah Shahabiyah

Karya Mahmud Al-Mishri

Penerbit: Al-I’Tishom

Kesanmu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: